Visi Misi Tujuan Sasaran dan Strategi Pencapaian

Visi

Pada tahun 2020, Program Studi Magister Ilmu Biomedis UNDIP menjadi pusat pendidikan dan riset ilmu biomedis yang unggul di lingkup Nasional dan kawasan Asia Pasifik.

Unggul dalam konsentrasi genetika, konsentrasi klinik, dan jumlah publikasi adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Dalam konsentrasi genetika memiliki keunggulan merupakan satu-satunya pusat pendidikan di Indonesia yang lulusannya memiliki kompetensi sebagai konselor genetika.
2. Dalam konsentrasi klinik, memiliki keunggulan merupakan satu-satunya pusat pendidikan di Indonesia yang memberikan dasar ilmu biomedik kepada peserta didik PPDS.
3. Program Studi MIB, memiliki keunggulan dalam jumlah publikasi ilmiah Internasional bereputasi.

Misi

Misi yang akan diemban dalam mewujudkan visi mengenai tugas, kewajiban dan tanggung jawab adalah :
1. Menyelenggarakan program pendidikan Magister Ilmu Biomedik yang bermutu dengan standar nasional dan/atau internasional.
2. Menyelenggarakan penelitian-penelitian di bidang ilmu biomedis yang  berkualitas agar dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional dan internasional bereputasi.
3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menerapkan temuan-temuan dalam riset di bidang ilmu biomedis untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
4. Menyelenggarakan tata kelola yang kredibel, transparan dan akuntabel guna berperan serta dalam peningkatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi.

Tujuan umum

Tujuan umum : Mendidik mahasiswa Magister Ilmu Biomedik agar mempunyai kemampuan akademik dan kualitas profesional.

  1. Kemampuan akademik adalah kemampuan untuk belajar mandiri, melakukan penelitian, mengajarkan apa yang dikuasainya dan dapat melakukan komunikasi secara efektif.
  2. Kualitas profesional meliputi rasa tanggung jawab, dapat bekerja sama dengan baik, bersikap sesuai etika dan selalu mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan.

Tujuan khusus

Berdasarkan visi, misi, dan tujuan umum yang akan dicapai dalam menyelenggarakan pendidikan Magister Ilmu Biomedik adalah :

  1. Menerapkan pola pendidikan Magister Ilmu Biomedik sesuai kurikulum yang ditetapkan, sehingga dihasilkan lulusan yang unggul di Indonesia.
  2. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan atau lulusan S3 serta meningkatkan sarana prasarana pendidikan tinggi yang memadai dan berkualitas.
  3. Meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji yang layak dipublikasi di bidang Ilmu Biomedik untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi yang diakui dan sebagai panutan nasional serta bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan.
  4. Memiliki sistem tata kelola yang efektif, efisien dan profesional.
  5. Menyiapkan dan membantu pemerataan sumber daya manusia dalam bidang Ilmu Biomedik, sebagai bentuk pengabdian masyarakat di Indonesia.

Sasaran

Secara umum, sasaran yang ingin dicapai oleh program studi Magister Ilmu Biomedik adalah dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam kurun waktu yang tepat, sesuai dengan capaian pembelajaran dan kompetensi akhir lulusan, sehingga meningkatkan daya saing lulusan secara nasional. Meningkatnya pengabdian kepada masyarakat, kualitas riset, dan publikasi ilmiah.

  1. Terwujudnya peningkatan kemampuan dosen dalam proses pembelajaran, penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah, serta dalam proses pengabdian kepada masyarakat.
  2. Terwujudnya sistem tata kelola yang efektif, efisien dan profesional.
  3. Terwujudnya proses pembelajaran yang bermutu sesuai perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran terkini untuk menghasilkan lulusan yang unggul, dan inovatif
  4. Terwujudnya peningkatan kualitas dan kuantitas penulisan karya ilmiah serta publikasi nasional dan internasional hasil penelitian oleh dosen/mahasiswa.
  5. Terwujudnya kepuasan stakeholder karena kualitas lulusan dan kualitas keilmuan serta pengabdian yang baik dan berkesinambungan kepada masyarakat di Indonesia.

Strategi pencapaian

  1. Terwujudnya peningkatan kemampuan dosen dalam proses pembelajaran, penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah, serta dalam proses pengabdian kepada masyarakat dengan cara:
  • Peningkatan jumlah dosen dengan jabatan fungsional Lektor kepala dengan cara pemenuhan pencapaian angka kredit.
  • Peningkatan jumlah penelitian dosen dengan cara rangsangan dana penelitian dari peer group.
  • Peningkatan jumlah publikasi internasional dosen dengan cara bantuan dana publikasi.
  • Peningkatan jumlah kegiatan bakti sosial dosen dengan cara meningkatkan kerja sama dengan instansi dinas/lain, alumni dan fakultas.
  1. Terwujudnya sistem tata kelola yang efektif, efisien dan profesional.
  • Peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana pelayanan dan berfungsi sangat baik dengan cara maintenance dan kalibrasi berkala sarana dan prasarana yang ada.
  • Pengembangan sistem informasi administrasi dan kemahasiswaan yang sangat mumpuni.
  • Menyelenggarakan penjaminan mutu internal yang konsisten dan berkesinambungan.
  • Persentase serapan anggaran sebesar 100% secara konsisten dan berkesinambungan.
  1. Terwujudnya proses pembelajaran yang bermutu sesuai perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran terkini untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan inovatif
  • Peningkatan perolehan prestasi ilmiah mahasiswa dengan cara pembimbingan intensif pra presentasi dan memberikan kebebasan akademik untuk mengikuti event lomba ilmiah nasional.
  • Peningkatan jumlah pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dengan cara melibatkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan dosen.
  • Konsistensi jumlah rata-rata lama studi selama 2 tahun dengan cara mendorong penyelesaian kewajiban akademik.
  • Peningkatan soft skill (olahraga dan kegiatan rohani) sesuai jadwal terselenggara secara rutin.
  1. Terwujudnya peningkatan kualitas dan kuantitas penulisan karya ilmiah serta publikasi nasional dan internasional hasil penelitian oleh dosen/mahasiswa
  • Peningkatan jumlah penelitian/karya ilmiah dosen dan/atau mahasiswa dengan cara rangsangan dana penelitian dari peer group dan fakultas.
  • Peningkatan jumlah publikasi penelitian/karya ilmiah Nasional dan internasional ter-index Scopus dengan cara bekerja sama dengan LPPM UNDIP.
  1. Terwujudnya kepuasan stakeholder karena kualitas lulusan dan kualitas keilmuan serta pengabdian yang baik dan berkesinambungan kepada masyarakat di Indonesia.
  • Peningkatan frekuensi pengabdian kepada masyarakat.
  • Peningkatan jumlah lulusan yang berprestasi unggul (softskill : tracer study dan hardskill : IPK) sebanyak >25% lulusan dengan penjaminan mutu proses pendidikan.
  • Konsistensi Angka kelulusan sebanyak 100%.
  • Konsistensi persentase daya serap lulusan yang melanjutkan pendidikan sebesar 100% setiap tahun dengan cara menyediakan informasi kebutuhan magister biomedik dan membangun komunikasi yang baik antar alumni melalui jejaring sosial berbasis internet.